Senin, 31 Oktober 2011

Rashomon Karya Akutagawa Ryunosuke

Rashomon ini adalah kumpulan cerpen karya Akutagawa Ryunosuke yang dijuluki cerpenis terbaik Jepang. Dia adalah penulis Favorite saya, cerpennya singkat, jelas, mengena. Sayangnya si Jenius ini (dia dijuluki Edgar Allan Poe-nya Jepang) suicide di usia 35 tahun karena takut gila. Dia divonis Schizofrenia (yang ditandai dengan halusinasi). Pada Tahun 2010 saya menemukan cerpen panjangnya (bisa dibilang Novelet) yang berjudul Kappa di Jakarta Book Fair 2010, awalnya saya mengira (ketika pertama kali melihat covernya) itu adalah karangan orang Indonesia yang memakai nama Jepang (maafkan saya ^^') tapi ternyata bukan, dari situ lah saya mencari Rashomon tapi ternyata susah (gak ketemu dimana-mana bahkan di Jakarta Book Fair 2011) akhirnya atas bantuan sahabat saya (beli di internet), saya bisa dapet buku itu^^ pertama kali megang bukunya Nyampe deg-degan (lebay!) ternyata kappa juga termasuk di buku itu.

Sebuah cerpen yang berjudul 'Dalam Belukar' ternyata pernah di filmkan oleh Akira Kurosawa dan memenangkan Oscar/ Academy Award pada tahun 1950 dengan judul 'Rashomon'. Film dengan cerpennya memang berbeda. Dalam Cerpennya ada ibu sang wanita dan sang wanita itu sendiri tidak ditemukan. Cerpennya bikin greget, pembaca harus menyimpulkan sendiri ceritanya^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar